Menu Tutup

PENGURUS CABANG

  1. Hamzah F Hasan – Ketua Umum
  2. Endrik Dwi Ekowanto – Sekretaris
  3. Ottos Arif Triadi – Bendahara
  4. Nugroho Santoso – Kabid Organisasi
  5. BY Bangkit Sanjaya – Kabid Literasi Digital
  6. Mohammad Lutfi – Kabid Pelatihan Masyarakat
  7. Galis Sugiarto – Kabid Humas dan Informasi
  8. Rachmawati – Kabid Litbang TIK
  9. Arifin – Anggota Literasi Digital

KOMISARIAT

  • SELOREJO
  • SELOPURO
  • DOKO
  • WLINGI
  • TALUN
  • GARUM
  • KANIGORO
  • SRENGAT
  • WONODADI
  • PONGGOK
  • SUTOJAYAN
  • SANANKULON

PROFIL PENGURUS CABANG

Tidak ada pos yang ditemukan.

SOSIALISASI RELAWAN TIK KABUPATEN BLITAR

Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Kominfo menyelenggarakan Sosialisasi Calon Anggota dan Pembentukan Komisariat Relawan TIK Indonesia di Ruang Perdana Pemerintah Kabupaten Blitar pada Senin (22/4/2019).

Sosialisasi hari ini menghadirkan narasumber dari RTIK Kabupaten Blitar yang dibuka oleh Kabid Informatika Asif Susanto ST mewakili Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Blitar dengan dihadiri oleh masing-masing dua perwakilan dari 22 Kecamatan di Kabupaten Blitar.

Dalam agenda sosialisasi, ada beberapa materi yang disampaikan yaitu, sosialisasi tentang RTIK Indonesia meliputi acuan dan kerangka Program kerja, Humas dan Informasi, kemitraan, Litbang, Pelatihan Masyarakat, Pengembangan SDM berikut mekanisme keanggotan dan pembentukan komisariat. Setelah terbentuk komisariat, RTIK Kabupaten Blitar akan mengadakan Workshop konten Video dan Foto.

Sebagai program awal, para Relawan TIK Kabupaten Blitar akan membantu masyarakat membuatkan email warga untuk keperluan regristrasi layanan publik, mengenalkan teknologi terkini yang lumrah dipakai seperti e-money. Hal ini sesuai dengan tujuan program Relawan TIK Indonesia untuk memberikan literasi di pedesaan dan mendorong desa-desa agar melek teknologi informasi (TI).

Setelah komisariat masing-masing terbentuk, para relawan juga akan membantu terbentuknya website di daerah. Website ini nanti akan membantu terbentuknya literasi digital yang positif di masyarakat. Selain itu, RTIK Kabupaten Blitar juga berencana untuk membuat tagline “Ayo Bela Beli Produk Blitar” lebih populer lagi.

PENGURUS CABANG RTIK KABUPATEN BLITAR AUDIENSI DENGAN BUPATI

Pemerintah Kabupeten Blitar terus berinovasi dan memberikan perubahan dalam kemajuan teknologi. Sejauh ini teknologi informasi menjadi bagian terpenting yang terus di elu-elukan, apalagi sudah memasuki revolusi industri 4.0. Untuk itu, Pemkab Blitar melalui Dinas Kominfo Kabupaten Blitar menggandeng Relawan TIK mendampingi pelayanan publik yang ada desa dan kelurahan untuk mengejar percepatan teknologi.

Semalam, Senin (29/04/2019) Diskominfo Kab. Blitar dan Relawan TIK Kab. Blitar mengadakan audiensi kepada Bupati Blitar H. Rijanto di Gazebo Pendopo Ronggo Hadinegoro. Kepala Dinas Kominfo Kab. Blitar Eko Susanto, ST. M.Si mengatakan Relawan TIK merupakan intruksi dari Kementerian Kominfo RI yang berfungsi untuk mengedukasi masyarakat yang ada di desa.

Total relawan TIK yang telah terdaftar berjumlah 256 di seluruh kecamatan di Kabupaten Blitar. Masyarakat perlu pendampingan dalam percepatan teknologi termasuk oleh relawan TIK. Mengingat berita hoax sangat mudah terjadi, sehingga adanya Relawan TIK tersebut dapat mengcounter berita-berita yang tidak benar alias hoax.

Relawan TIK sendiri sudah membuat acuan kerja di masing-masing komisariat, salah satunya workshop untuk membuat konten yang berkaitan dengan website desa. Ketua Relawan TIK Kabupaten Blitar, Hamzah mengatakan orang bisa saja membuat web desa namun untuk memelihara termasuk hal sulit.

Adanya laporan-laporan tersebut, Bupati Blitar merespon positif. H. Rijanto mengatakan munculnya Relawan TIK membuatnya bersyukur dan senang. Karena Relawan TIK sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama dalam pemerintahan mulai kabupaten hingga desa.

“Hal tersebut harus dijalankan karena berkenaan dengan teknologi informasi. Sangat dibutuhkan tenaga teman-teman relawan TIK. Jangan sampai masyarakat yang hidupnya sudah baik dan sudah rukun jangan sampai rusak oleh berita bohong atau hoax,” ujar H. Rijanto.

Bupati Blitar beharap dengan adanya komunitas Relawan TIK betul-betul bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah daerah.

Bagikan :