Menu Tutup

RELAWAN TIK INDONESIA

Perkembangan teknologi digital terus menantang pemerintah untuk meningkatkan diri, merubah pola pikir dan budaya kerja, partisipasi aktif publik, penyediaan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dan menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten. Dan untuk memenuhi berbagai hal tersebut, pemerintah tidak dapat berjalan sendiri.

Kementerian Kominfo akhirnya mengInisiasi pembentukan satu organisasi sosial kemasyarakatan yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Organisasi ini diberi nama Relawan TIK Indonesia.

Relawan TIK Indonesia berdiri pada 4 Juli 2011 di Bogor dalam acara Forum Koordinasi, Komunikasi, Kolaborasi, dan Kerjasama Komunitas TIK. Anggota Relawan TIK Indonesia memiliki latar belakang akademisi, mahasiswa, pelajar, dosen, pegawai swasta, pegiat Linux, blogger dan sebagainya.

Secara nasional, Relawan TIK Indonesia memiliki misi untuk berkontribusi dan partisipasi dalam berbagai kegiatan pembangunan, kemasyarakatan serta berperan dalam tugas kemanusiaan, dengan cara mengoptimalkan pemanfaatan TIK bagi kemaslahatan masyarakat dan kemajuan bangsa Indonesia.

  1. Keanggotaan dan Organisasi, meliputi: Penetapan syarat anggota, Rekruitmen anggota, Pembentukan kepengurusan sampai tingkat daerah.
  2. Capacity Building, meliputi: Penyusunan kurikulum dan modul pelatihan, Pembekalan (TOT) bagi para relawan, Sharing knowledge via web, milis dan media sosial.
  3. Sosialisasi dan Edukasi Masyarakat, meliputi: Pelatihan TIK ke berbagai elemen masyarakat, optimalisasi web dan media sosial sebagai media edukasi, roadshow ke sekolah dan perguran tinggi.
  4. Kemitraan, meliputi: kerjasama dengan instansi pemerintah pusat dan daerah, kerjasama dengan berbagai organisasi relawan yang sudah terbentuk, kerjasama dengan lembaga donor atau perusahaan.

Program yang sudah berjalan sepanjang didirikannya antara lain Pelatihan bagi masyarakat di perkotaan maupun pedesaan dalam memanfaatkan TIK dalam meningkatkan produktivitasnya. Setiap Relawan TIK daerah berkolaborasi dengan pemerintah setempat menyelenggarakan program literasi digital sesuai dengan kebutuhan di wilayahnya.

Relawan TIK Indonesia bersama penggiat Gerakan Desa Membangun di pedesaan adalah dengan memberikan literasi dan mendorong desa-desa agar melek IT dan melakukan publikasinya melalui media online adalah dengan program DESA DIGITAL yang sudah berjalan sejak tahun 2013.

LANDASAN KEGIATAN


LEGALITAS RTIK INDONESIA KABUPATEN BLITAR

1. Akte Pendirian Notaris

Loader Loading…
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download [2.94 MB]

NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) :

BANK MANDIRI
RELAWAN TIK KABUPATEN BLITAR
No. Rekening : 144-00-1897168-6

Bagikan :