Menu Tutup

Penandatanganan PKS dan Sosialisasi Rencana Induk Implementasi Digitalisasi Desa

08 Februari 2021 | Dalam upaya mewujudkan Visi dan Misi Desa Plumbangan sebagai salah Desa Mandiri yang masayarakatnya melek Teknologi, khususnya teknologi Digital. Pemerintah Desa bekerjasama dengan Relawan TIK Kabupaten Blitar dengan ditandai penanda-tanganan Perjanjian Kerja Sama dilanjutkan dengan Sosialisasi kepada segenap Perangkat Desa, BPD, Tokoh-tokoh Masyarakat, Pendamping Desa dan para pemuda calon relawan TIK Komisariat di tingkat Desa.

Dalam acara ini juga dihadiri oleh Camat Doko yang diwakili oleh Sekretaris Kecamatan Doko Hari Cahyana. Dalam sambutannya Hari Cahyana menyampaikan bahwa dalam Implementasi dan Pengembangan Digitalisasi Desa Plumbangan ini nantinya meliputi aspek Sosial, Komersial, Pengembangan SDM yang berkelanjutan dalam proses yang panjang.

Manfaat Implementasi Digitalisasi Desa

  1. Pemerintah Desa dapat memfasilitasi kegiatan dalam memberikan Sosialisasi dan Pelatihan kepada Masyarakat tentang dunia Digital, Aplikasi Pelayanan Publik dan seluruh program implementasi Desa/ Kampung Digital.
  2. Secara luas seluruh masyarakat dapat lebih mudah mengetahui dan memahami manfaat Internet positif dan bahayanya Internet negatif (penyalahgunan).
  3. Meningkatnya kesadaran generasi Millenial Desa untuk berwirausaha yang berbasis digital dengan ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan Pandu Digital sebagai Business exercise.
  4. Terwujudnya percepatan implementasi Platform Digital di seluruh Lingkungan/ Dusun/ Desa yang ada di wilayah Kabupaten Blitar sebagai bagian dari Smart city.
  5. Peningkatan nilai ekonomi bagi pengelola destinasi Wisata Lokal, peningkatan nilai ekonomi produk-produk unggulan dan produk hasil pertanian.
  6. Mampu meningkatkan produktivitas dan kualitas Sumber Daya Manusia dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi  menuju masyarakat Kabupaten Blitar yang lebih sejahtera dan memiliki daya saing yang tinggi dalam Ekosistem Digital secara Global.

Tujuan Operasional Digitalisasi Desa

1. Kemitraan :

Membantu dan mendukung setiap program Pemerintah Kabupaten Blitar yang berkaitan dengan Masyarakat Desa melek Teknologi. Bentuknya adalah pendampingan implementasi teknis Aplikasi Pelayanan Publik  di wilayah Desa dan Kecamatan, implementasi Web Desa, Pembangunan Infrastruktur Jaringan Internet Desa, serta implementasi berbagai Program Pemerintah Daerah untuk menunjang Blitar Smart City.

2. Pelatihan dan Pendampingan Digital bagi Masyarakat :

Mempermudah pelaksanaan seluruh kegiatan Literasi Digital di masyarakat, pelatihan dasar-dasar penggunaan Internet, Digital Parenting, Menggunakan Internet Sehat, Menggunakan Media Sosial secara baik dan bernilai ekonomi.

3. Digitalisai Pelayanan Publik : Membangun kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan Pelayanan Publik berbasis Digital untuk mempermudah dalam mendapatkan pelayanan,  mempercepat pelayanan dan terhindar dari penyalahgunaan birokrasi

4. Optimalisasi Wisata Lokal, Produk Unggulan dan Produk Pertanian :

Memobilisasi, mendorong dan optimalisasi pengembangan nilai ekonomi bagi Stake holder (pemangku kepentingan) dalam pengembangan wisata Lokal, jasa transportasi, penyedia akomodasi lokal, pengrajin gimmick (souvenir), Pelaku UMKM, petani, pemerintah (kabupaten, Kecamatan dan Desa/ Kelurahan) beserta masyarakat.

5. Transfer Teknologi dan Praktek Kerja Digital para Millenial :

Sebagaimana Intisari data yang telah dipaparkan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur,  bahwa minat Wirausaha lulusan jenjang tinggi dan usia muda relatif rendah (Kurang dari 25% usia 20-24 yang berwirausaha, Kurang dari 30% lulusan SMA/ SMK yang berwirausaha), maka diharapkan dengan Program jangka menengah dan panjang Internet Masuk Desa mampu memberikan pendekatan baru (atau paradigma baru) dalam pengembangan kompetensi para pemuda (Millenial) Desa untuk memulai dunia usaha sambil aktif sebagai Pandu Digital mendampingi masyarakat.

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Program ini dibangun oleh Relawan TIK untuk Badan Promosi Pariwisata Daerah Kabupaten Blitar, didukung oleh  Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga Kabupaten Blitar.

Implementasi olaskembar.id bekerja sama dengan seluruh Komisariat Kecamatan RTIK Kabupaten Blitar.