Menu Tutup

e-votekades | Sistem Informasi Pilkades Serentak Kabupaten Blitar resmi didaftarkan ke Forum WSIS Prizes 2020.

Negara Republik Indonesia yang dibagi menjadi 34 Propinsi wilayah Pemerintahan, terdiri dari 416 wilayah Pemerintahan berbentuk Kabupaten, 98 wilayah Pemerintahan berbentuk Kota, serta meliputi kurang lebih 75.436 wilayah Pemerintahan Desa.

Dalam struktur Pemerintahan, mulai dari Presiden, Gubernur, Bupati/ Walikota sampai dengan Kepala Desa dipilih oleh rakyat secara langsung.

Pemilihan Kepala Desa di Indonesia memiliki keunikan jika dibandingkan dengan negara-negara yang lain di dunia. Karena Pemilihan Kepala Desa secara langsung memiliki sejarah yang sangat panjang sejak masa penjajahan.

Sehingga dalam proses pemilihan sampai dengan terpilihnya calon Kepala Desa secara Demokratis (langsung, umum, bebas, rahasia) dan terbuka, serta hasilnya dapat dimonitor langsung oleh publik menjadi hal penting bagi masyarakat Desa dan Pemerintah Daerah.   

Kepala Desa adalah Pejabat Pemerintah Desa yang mempunyai wewenang, tugas dan kewajiban untuk menyelenggarakan rumah tangga Desanya dan melaksanakan tugas dari Pemerintah dan Pemerintah Daerah. Pada zaman Belanda, pemilihan Kepala Desa dilakukan dengan cara sederhana yaitu rakyat dikumpulkan di lapangan desa. Kemudian rakyat akan memilih dengan cara jongkok didepan calonnya. Setelah Indonesia Merdeka, Pemerintah mengatur Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dengan berbagai Peraturan Daerah sebagai pelaksanaannya.

Kabupaten Blitar terdiri dari 220 Desa, sehingga setiap tahun dilaksanakan proses Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak untuk efiensi anggaran, karena pembiayaan seluruh proses kegiatan tersebut menggunakan dana APBD.

Tahun 2019 ini, Pemerintah Kabupaten Blitar menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak dengan mengikutsertakan 167 Desa yang terletak di 22 Kecamatan. Pelaksanakan Pilkades serentak ini dilaksanakan di hari yang sama dengan dikoordinir oleh Panitia Pemilihan Kepala Desa tingkat Kabupaten yang selanjutnya disebut dengan Dukungan Elemen Satuan Kinerja (DESK) Pemilihan Kepala Desa. Rangkaian kegiatan Pilkades di Kabupaten Blitar dimulai pada tanggal 18 Juni 2019 dengan pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa oleh BPD (Badan Perwakilan Desa). Untuk hari H pemungutan suara dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2019.

NAMA PROGRAM KEGIATAN

Implementasi Aplikasi berbasis website yang berisi informasi Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) Serentak di Wilayah Kabupaten Blitar.

TUJUAN

Tujuan dari dibangunnya proyek ini adalah Memudahkan masyarakat dalam mengikuti proses Demokrasi PILKADES (Pemilihan Kepala Desa) serentak, baik yang ada di Desanya sendiri maupun desa-desa lain yang masih ada dalam wilayah Kabupaten Blitar. Sehingga Informasi ini bisa diakses tanpa dibatasi oleh ruang kewilayahan.

Sebagai acuan pihak keamanan dalam mengatasi stabilitas kondisi sosial yang ada di masyarakat, oleh komunitas dan pihak-pihak lainnya yang memiliki kewenangan dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkades serentak.

LANDASAN OPERASIONAL

  1. Pemilihan Kepala Desa adalah pelaksanaan kedaulatan rakyat di desa dalam rangka memilih Kepala Desa yang bersifat langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.
  2. Pilkades Kabupaten Blitar  serentak dengan mengikut-sertakan 167 Desa yang terletak di 22 Kecamatan. Pelaksanakan Pilkades serentak ini dilaksanakan di hari yang sama yaitu 15 Oktober 2019.
  3. Mendukung Gerakan 100 Smart City yaitu Smart Governance untuk peningkatan peran pemerintah sebagai pengayom dan pemberi pelayanan kepada masyarakat.
  4. Melaksanakan Keterbukaan Informasi Publik sebagaimana diamanatkan oleh Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2018.


PENGEMBANGAN KEMITRAAN

Program ini digagas oleh Relawan TIK Indonesia, didukung oleh  Dinas Kominfo dan Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati Blitar.

Dalam proses implementasinya Relawan TIK Indonesia bekerja sama dengan Panitia DESK PILKADES yang ada di Bagian Pemerintahan Kabupaten Blitar, Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa.

PROGRAM BERKELANJUTAN

Proyek ini dapat berkelanjutan untuk dioperasikan di setiap Pemerintah Kabupaten yang memiliki struktur pemerintahan Desa dalam kewilayahannya berdasarkan landasan hukum dan landasan operasional yang berlaku sama secara nasional di seluruh Wilayah Indonesia; dan dapat digandakan dengan mudah karena kekuatan Jaringan kerja dan semangat sukarela dari anggota Relawan TIK Indonesia.

Relawan TIK kami adalah dosen, guru, pengusaha, siswa, dan banyak profesi lainnya dan melakukan program ini sebagai bagian dari tanggung jawab sosial mereka kepada masyarakat. Dan kesempatan untuk melayani sangat luas karena Indonesia memiliki 514 Kabupaten dan lebih dari 75.436 desa di seluruh negeri.

DESK PILKADES didukung oleh Pemerintah Kabupaten Blitar, sebagai salah satu Pemerintah Daerah yang mengaplikasikan program Smart City, sehingga DESK PILKADES dikenal oleh masyarakat sebagai program untuk pemberdayaan masyarakat pedesaan dan sistem informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat sebagai perwujudan keterbukaan Informasi Publik maupun proses Pendidikan Politik.

Pemangku Kepentingan dari Program ini adalah :

  1. Pemerintah Desa (Panitia Pemilihan Kepala Desa), sebagai pengguna dari program ini.
  2. Pemerintah Kabupaten Blitar, sebagai tuan rumah dan pendukung program ini.
  3. Relawan TIK Indonesia, sebagai aktor yang mengatur dan mengoperasikan program ini.
  4. Masyarakat, penerima manfaat dari program ini.

PENUTUP

Program ini mudah dipelihara dan diduplikasi oleh Relawan TIK Indonesia di Indonesia. Hal yang berkaitan dengan Implementasi Pendampingan masyarakat (khususnya masyarakat pedesaan) dalam mempergunakan manfaat dari Sistem Informasi DESK PILKADES ini akan dilakukan sosialisasi dan BIMTEK (Bimbingan Teknis) kepada Kelompok-kelompok masyarakat, Kelembagaan Desa dan Pemerintah Desa dalam memelihara aplikasi dan penggunaannya.

Dukungan dan komitmen yang kuat dari para pemangku kepentingan sangat dibutuhkan.

Bagikan :

Program ini dibangun oleh Relawan TIK untuk Badan Promosi Pariwisata Daerah Kabupaten Blitar, didukung oleh  Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga Kabupaten Blitar.

Implementasi olaskembar.id bekerja sama dengan seluruh Komisariat Kecamatan RTIK Kabupaten Blitar.