Menu Tutup

Seminar Nasional dan Lokakarya Pembentukan Pandu Digital Kabupaten Sleman, DIY

Nara Sumber :

  1. Bupati Sleman
  2. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sleman
  3. Ketua Umum Pimpinan Pusat Relawan TIK Indonesia
  4. Kasubdit Pemberdayaan Komunitas TIK Kementerian Kominfo RI

Latar Belakang Permasalahan :

Teknologi Informatika yang semakin pesat
membawa perubahan sosial di masyarakat. Dampak dari perubahan tersebut dapat bersifat positif dan negatif. Bersifat positif apabila membawa manfaat dan memberikan nilai tambah. Sedangkan bersifat negatif apabila merusak sikap dan tingkah laku yang mengarah ke tindak kejahatan dan kriminal. Dampak negatif dari perkembangan teknologi di masyarakat semakin meningkat setiap tahunnya. Untuk mengantisipasi dan menekan dampak negatif tersebut, maka pemanfaatan Internet secara positif harus lebih banyak ditingkatkan dan dipromosikan di masyarakat. Program kerja dan bentuk-bentuk kegiatan Relawan TIK Indonesia, khususnya di daerah bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten atau Kota, baik kegiatan yang bersifat sosialisasi literasi digital, maupun bersifat pendampingan yang berkesinambungan berupa edukasi dan praktek langsung dalam sebuah ekosistem digital.

Pandu Digital Secara Umum :

Indonesia sebagai negara yang terus mengembangkan sektor ekonomi digital untuk menjadi yang terbesar di Asia Tenggara, perlu melakukan terobosan dengan mempersiapkan generasi muda yang adaptif di era Revolusi Industri 4.0 dengan dukungan pembinaan literasi digital dan pemberdayaan masyarakat.
Luasnya wilayah Indonesia dan sebaran SDM yang memiliki pengetahuan literasi digital menjadi tantangan tersendiri untuk pencapaian tujuan dari program pandu digital tersebut. Kominfo melalui Direktorat Pemberdayaan Informatika, khususnya Sub Direktorat Pemberdayaan Komunitas TIK berusaha membangun kebutuhan SDM melalui pemberdayaan Komunitas Relawan TIK Indonesia di setiap Wilayah, Cabang dan Komisariat agar memiliki kemampuan untuk menjadi pendamping masyarakat dalam literasi digital melalui kegiatan, baik yang bersifat sosialisasi dan edukasi dalam forum-forum khusus, maupun sebuah wadah kegiatan yang berkesinambungan dalam rangka pemberdayaan masyarakat, khususnya UMKM dengan pendekatan Ekosistem Digital.

Manfaat Yang didapatkan :

Media Sumbangsih Kepada Masyarakat
Memiliki kesempatan untuk berkontribusi bagi masyarakat terkait kebutuhan literasi digital sebagai konsekuensi bagian dari Ekosistem Digital.
Saat ini hampir seluruh aspek kehidupan dalam pemenuhannya menggunakan TIK sebagai toolsnya, sehingga penguasaan teknologi sudah menjadi hal mutlak bagi golongan usia produktif. Memang tidak perlu semua orang menjadi ahli pemrograman atau instalasi jaringan, tetapi cukup dengan berusaha memiliki kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam berbagai bentuk dari berbagai sumber yang sangat luas yang diakses melalui piranti komputer atau berbasis digital. Sehingga menjadi bagian dari kegiatan Komunitas TIK akan dapat berperan secara aktif menyumbangkan keahlian untuk mengawal masyarakat dalam mencapai keterampilan minimumnya dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Peluang Meningkatkan Pengetahuan
Secara otomatis membuka peluang dalam akses terhadap pengetahuan dan ketrampilan baru dan informasi yang mutakhir.
Dari aktivitas yang dilaksanakan pada saat interaksi dengan sesama anggota komunitas dan antar komunitas, serta pendampingan masyarakat tentang literasi digital, tentunya harus diawali dengan kegiatan yang bersifat capacity building.

Membangun Ekosistem Digital
Jaringan antar anggota komunitas, antar komunitas, antar anggota masayarakat, antar komunitas dengan kelompok masyarakat, antar anggota masyarakat dengan UMKM dibangun dalam sebuah ekosistem digital yang akan saling terkait di berbagai wilayah di Indonesia yang sekaligus berperan sebagai pegiat dan pemandu digital.

Bagikan :

Program ini dibangun oleh Relawan TIK untuk Badan Promosi Pariwisata Daerah Kabupaten Blitar, didukung oleh  Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga Kabupaten Blitar.

Implementasi olaskembar.id bekerja sama dengan seluruh Komisariat Kecamatan RTIK Kabupaten Blitar.