Menu Tutup

Sebuah Peluang bersamaan munculnya masalah baru?

Indonesia sebagai negara yang terus mengembangkan sektor ekonomi digital untuk menjadi yang terbesar di Asia Tenggara, perlu melakukan terobosan dengan mempersiapkan generasi muda yang adaptif di era Revolusi Industri 4.0 dengan dukungan pembinaan literasi digital dan pemberdayaan masyarakat.

Dampak Kesenjangan Digital tidak hanya disebabkan kurangnya infrastruktur saja namun juga didasarkan pada keinginan dan kemauan untuk menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Internet. Padahal dengan adanya TIK, masyarakat dapat menerima manfaat yang sangat besar tidak hanya sebagai sarana belajar tetapi juga dapat meningkatkan taraf hidupnya. Untuk mengurangi kesenjangan digital, diperlukan agen perubahan di masyarakat yang senantiasa melakukan pendampingan sesuai dengan dinamika perkembangan masyarakat dalam memanfaatkan perkembangan TIK, maka diperlukannya pemberdayaan Pandu Digital guna mendukung Literasi Digital. Dengan adanya pendampingan di masyarakat tentang bagaimana memanfaatkan TIK dengan Cerdas, Kreatif dan Produktif oleh Pandu Digital yang telah terbentuk melalui kegiatan Relawan TIK. Sehinga kesenjangan digital bisa berkurang.

Bagikan :

2 Comments

Komentar ditutup.

Program ini dibangun oleh Relawan TIK untuk Badan Promosi Pariwisata Daerah Kabupaten Blitar, didukung oleh  Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga Kabupaten Blitar.

Implementasi olaskembar.id bekerja sama dengan seluruh Komisariat Kecamatan RTIK Kabupaten Blitar.