Menu Tutup

Rapat Evaluasi Smart City Kabupaten Blitar

Rapat Evaluasi Smart City Kabupaten Blitar dihadiri dan dibuka langsung oleh Bupati Blitar Drs. H. Rijanto MM dengan menghadirkan narasumber Dr. Dedy Permadi Kementrian Komunikasi dan Informatika dengan diikuti oleh Forpimda, Imigrasi, Kepala SKPD, Cendekiawan, Swasta, Komunitas dan Perwakilan Relawan TIK Kabupaten Blitar.

Dalam Sambutannya, Bupati Blitar Rijanto menjelaskan bahwa perkembangan Smart City di Kabupaten Blitar merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Dalam proses pengembangan smart city, Rijanto menuturkan bahwa dibutuhkan kerjasama semua pihak baik peran serta pemerintah sektor swasta maupun masyarakat. Oleh karena itu, kerjasama antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintah Kabupaten Blitar menurutnya sangat diperlukan.

Setahun menjalankan program 100 Kabupaten atau Kota Smart City, Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan Rapat Evaluasi Implementasi Smart City Kabupaten Blitar di Ruang Candi Penataran Kantor Kabupaten Blitar di Kanigoro pada Kamis (16/5/2019).

Adapun visi Smart City Kabupaten Blitar adalah “Mewujudkan Kabupaten Blitar Cepat, Nyaman, Dan Sejahtera”. Cepat dalam mewujudkan pelayanan publik, mudah, transparan, dan berkualitas. Nyaman, mewujudkan masyarakat yang memiliki prakarsa untuk mewujudkan lingkungan yang layak dan nyaman. Sejahtera, menumbuhkan perekonomian masyarakat berbasis agro dengan ditunjang branding daerah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Blitar Eko Susanto ST MSi menjelaskan tentang perkembangan Smart City Kabupaten Blitar selama setahun dalam tiga Quick Win yaitu Smart Governance, Smart Economy dan Smart Environment. Ketiga quick win itu diimplementasikan berupa beberapa aplikasi yang telah dikembangkan oleh Kominfo untuk memudahkan terbukanya informasi publik ke masyarakat berupa Apeldeskel (Aplikasi Pelayanan Publik Desa dan Kelurahan), aplikasi E-health, 999 UMKM go online, Desa Pintar, aplikasi Ayo menanam untuk mendukung gerakan gemar menanam. Sebelumnya Kominfo juga telah membentuk Tim Produksi dan Kreatif. Ke depan Kominfo akan membuat Co-Working Space untuk memfasilitasi warga internet Kabupaten Blitar dan layanan pengaduan Call Center 112 yang aktif tahun 2020.

Selain rapat evaluasi, Bupati Blitar mengukuhkan Relawan TIK Kabupaten Blitar, juga melakukan peninjauan langsung dan praktek penggunaan Apeldeskel di anjungan layanan mandiri juga penandatanganan simbolis MoU antara Kominfo dengan desa yang menjadi Pilot Project Desa Pintar. Acara Rapat Evaluasi ini ditutup dengan pemaparan tentang pentingnya Digital Literasi oleh Dedi Permadi yang dapat diakses di literasidigital.id /na/

Bagikan :

Program ini dibangun oleh Relawan TIK untuk Badan Promosi Pariwisata Daerah Kabupaten Blitar, didukung oleh  Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga Kabupaten Blitar.

Implementasi olaskembar.id bekerja sama dengan seluruh Komisariat Kecamatan RTIK Kabupaten Blitar.